Senin, 15 Agustus 2011

BAB I PENDAHULUAN KKNP


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang KKNP
Mahasiswa merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan bermasyarakat karena mahasiswa dianggap sebagai ujung tombak generasi muda. Mahasiswa diharapkan untuk senantiasa peka dan tanggap terhadap berbagai masalah yang berkembang di tengah masyarakat.
Mahasiswa pun kerap disebut sebagai jembatan yang berfungsi untuk menghubungkan dunia pendidikan dan dunia kerja. Sebagai penghubung dunia kerja dan dunia pendidikan, mahasiswa dituntut untuk memahami dunia kerja sebelum mahasiswa tersebut terjun dalam dunia kerja sesungguhnya. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini banyak perguruan tinggi yang berlomba-lomba untuk menerapkan dan mengajarkan teknologi yang canggih kepada anak didiknya.
Pada akhirnya perguruan tinggi tersebut dapat mencetak lulusan- lulusan yang berkompeten dengan daya saing yang tinggi. Namun pada kenyataannya, saat ini sering dijumpai lulusan baru dari perguruan tinggi yang mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan yang ada di lapangan. Lulusan-lulusan yang dianggap berkompeten dan mempunyai daya saing tinggi tersebut ternyata masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah kurang siapnya lulusan tersebut untuk menghadapi dunia kerja nyata. Pada umumnya, ilmu serta praktik yang telah ditempuh mahasiswa di perguruan tinggi berbeda dengan praktik yang diterapkan di dunia kerja sehingga lulusan tersebut sering menghadapi kesulitan.
Untuk mengatasi kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang terjadi  sesungguhnya, sebelum mahasiswa tersebut menyandang predikat sebagai seorang sarjana, sebaiknya mahasiswa tersebut dibekali dengan ilmu atau keahlian sehingga para mahasiswa dapat menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya dengan lebih siap. Sebagai sarana untuk membekali mahasiswa agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang nyata maka mahasiswa diharuskan untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP). KKNP atau magang merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeristas Hasanuddin  yang dilakukan dengan bekerja pada instansi pemerintah atau instansi swasta sesuai dengan disiplin ilmu mahasiswa tersebut.
Melalui Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) mahasiswa diharapkan untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan pada realitas dunia kerja yang sesungguhnya. Mahasiswa tidak hanya dituntut untuk berpikir teoritis melainkan juga melaksanakan praktik yang akan mendukung pandangan tentang komparasi dunia pendidikan dengan dunia kerja.
Hal tersebut ditujukan agar mahasiswa memiliki pola pikir yang lebih dalam bahwa disiplin ilmu yang digelutinya selama duduk di bangku perkuliahan tidak selalu dapat diaplikasikan secara ideal maupun menyeluruh. Dengan melihat realitas yang ada maka dibutuhkan adaptasi guna mendukung pelaksanaan kerja serta pengamatan pada perusahaan tempat KKNP.
KKNP merupakan langkah yang tepat dalam mempraktikkan teori-teori yang telah diperoleh selama kuliah dan mengembangkan kemandirian mahasiswa sehingga mereka berusaha melaksanakan setiap pekerjaan atau tugas yang diembannya dengan hasil yang maksimal dan bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang semakin ketat. Dalam hal ini, mahasiswa juga dituntut untuk tidak mudah bergantung pada orang lain namun harus bergantung pada inisiatif dan kreativitas diri sendiri.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis berkesempatan untuk melaksanakan KKNP di Kantor Pre Delivery Centre Hadji Kalla, dimana akan mengkaji pada bidang keilmuan yaitu Ilmu Administrasi.  Setelah penulis menjalankan aktivitas selama waktu yang telah ditentukan, maka penulis berusaha untuk melaporkan aktivitas- aktivitas tersebut dalam laporan KKNP.
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk memberikan gambaran umum dan hasil yang diperoleh dari aktivitas yang dilakukan di Kantor Pre Delivery Centre Hadji Kalla dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca.


B.   Tujuan KKNP
       Tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) adalah sebagai berikut:
1.         Untuk memenuhi salah satu mata kuliah wajib dan syarat kelulusan di Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
2.         Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan melalui tambahan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan bermasyarakat dalam bentuk praktik kerja langsung di lapangan.
3.         Untuk mengenal seluk beluk dunia kerja yang akan digeluti oleh mahasiswa di masa mendatang sehingga mahasiswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
4.         Untuk menciptakan mahasiswa yang mampu berpikir secara luas, positif dan kritis dalam menghadapi dunia kerja.
5.         Untuk mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain terutama cara berinteraksi di lingkungan kerja.

C.   Manfaat KKNP
Manfaat Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) meliputi manfaat bagi mahasiswa, bagi Pre Delivery Centre Hadji Kalla, dan bagi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin..
Manfaat KKNP adalah sebagai berikut :
       1.    Bagi Mahasiswa
a.  Mahasiswa dapat mempersiapkan diri secara fisik, mental maupun kualitas serta dapat meningkatkan kompetensi, kecerdasan intelektual dan emosional dalam rangka menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
b.  Menambah bekal pengetahuan, gambaran aktivitas kerja, wawasan serta keadaan mengenai lingkungan kerja yang nyata serta mendapat tambahan pengalaman dan keterampilan yang dapat menjadi bekal untuk terjun ke dalam dunia kerja di masa yang akan dating.
c.  Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan teoritis yang telah diperoleh di  bangku perkuliahan dalam berbagai kasus di lapangan serta dapat mengetahui seberapa jauh  relevansi antara teori yang diajarkan di bangku perkuliahan dengan kenyataan di dunia kerja  yang sesungguhnya.

       2.    Bagi Pre Delivery Centre Hadji Kalla
a.  Memperoleh bantuan tenaga dan pikiran dari mahasiswa dalam menjalankan kegiatan operasional dan program kerja perusahaan sesuai dengan disiplin ilmu yang diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan.
b.  Sebagai sarana untuk menjalin hubungan kerja sama yang baik antara perusahaan dengan Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

       3.    Bagi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Univeristas Hasanuddin
a.    Memperluas jaringan kerja sama dengan perusahaan atau lembaga yang menjadi tempat penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP).
b.    Dengan dilaksanakannya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) ini, perguruan tinggi mengharapkan adanya umpan balik sebagai acuan bagi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKNP) selanjutnya

0 komentar:

Poskan Komentar