Selasa, 09 November 2010

Definisi Kebijakan

DEFINISI KEBIJAKAN PUBLIK
MENURUR PARA AHLI


1.      Thomas R. Dye : “Public policy is whatever governments choose to do or not to do” (sebagai apa yang tidak dilakukan maupun apa yang dilakukan oleh pemerintah)
2.      Menurut Carl Friedrich, kebijakan publik adalah suatu arah tindakan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu yang memberikan hambatan-hambatan dan kesempatan-kesempatan terhadap kebijakan yang diusulkan untuk menggunakan dan mengatasi dalam rangka mencapai suatu tujuan atau merealisasikan suatu sasaran atau maksud tertentu. Dalam hal ini, pemerintah berhak memberi hambatan dan kesempatan terhadap kebijakan tersebut. Pemerintah masih bisa dikatakan otoritatif meskipun kebijakan tersebut memiliki tujuan dan sasaran demi kepentingan masyarakat.
3.      James, A. Anderson, public policies are those policies developed by governmental bodies and official (kebijakan negara adalah kebijaksanaan-kebijaksanaan yang dikembangkan oleh badan dan pejabat-pejabat pemerintah).
4.      Menurut Parker, kebijakan publik adalah suatu atau tindakan yang dilakukan oleh suatu tujuan tertentu atau serangkaian prinsip, atau tindakan yang dilakukan oleh suatu pemerintahan pada periode tertentu ketika terjadi suatu subyek atau krisis.
5.      William N. Dunn, Kebijakan  Publik (Public Policy) adalah pedoman yang berisi nilai-nilai dan norma-norma yang mempunyai kewenangan untuk mendukung tindakan-tindakan pemerintah dalam wilayah yurisdiksinya.

Kesimpulan / Alasan
Bahwa dari kelima para ahli yang menjelaskan definisi kebijakan publik hampir sama bahwa kebijakan publik itu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dalam melihat issu dan mengidentifikasi masalah sehingga merumuskan kebijakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

0 komentar:

Poskan Komentar